Serpihan dari Somalia

Minggu 22 Mei 2011, Presiden SBY menyambut kedatangan satuan tugas pembebasan awak MV Sinar Kudus yang  sempat disandera perompak Somalia. Presiden juga memberikan kenaikan pangkat luar biasa bagi prajurit yang terlibat dalam operasi tersebut. Dalam operasi tersebut, TNI mengirimkan sekitar 800 personel gabungan satuan elit dan khusus. mereka berasal dari Kopassus, Denjaka, Kopaska hingga Tontaipur Kostrad serta Marinir. selain itu TNI juga mengirimkan 3 Kapal perang, masing-masing 2 Kapal Fregat kelas van Speijk serta LPD KRI Banjarmasin serta helikopter. Marinir juga mengerahkan kendaraan pendukung seperti Tank BMP-3F serta artileri medan. Tak Ketinggalan peran TNI-AU dalam mendukung pergeseran pasukan, dengan mengerahkan pesawat Boeing 737-400.



Meski demikian, banyak pihak meragukan apakah ratusan pasukan ini dinilai 'berhasil' dalam menjalankan misinya membebaskan sandera. karena toh, bayaran akhirnya diserahkan juga?. itu mungkin sesuatu yang masih diperdebatkan. akan tetapi ada baiknya kita melihat beberapa serpihan yang telah tercecer saat ini.

serpihan yang sudah ada dan tak terbantahkan adalah dokumentasi foto dan video. berikut adalah sedikit dokumentasi yang diperoleh oleh tim ARC.

foto-foto ini adalah hasil capture dari video. dalam foto ini terlihat 2 kapal perang kelas van speijk berlayar.

 

foto ini memperlihatkan prajurit TNI tengah berlatih menembak di tengah laut. arsenal yang dikerahkan termasuk sniper kelas berat.

 


melompat ke perairan somalia, helikopter airborne untuk melakukan pengintaian.


sementara prajurit bersiaga.

suatu malam, para prajurit berdoa untuk sebuah misi. pada malam itu, prajurit telah bersiap melakukan yang terbaik.


singkat cerita, tebusan sudah dibayar. tapi Kapal komando mendapat kabar dari Kapten Sinar Kudus, bahwa ada kapal perompak yang kembali mendekat. Rupanya setelah dirompak, Sinar Kudus kembali jadi Incaran. Perintah dari kapal Komando adalah, HANCURKAN SASARAN!!


dari udara, helikopter langsung melepas tembakan.


di laut 3 sea raiders turun dan mengepung perompak. baku tembak terjadi. 4 perompak tewas.

 

 


lalu sea raiders membawa kapal perompak tersebut.


lalu, KRI langsung melakukan pengawalan.


Sementara Prajurit pasukan khusus menaiki Sinar Kudus dan melakukan pengamanan.


Awak Sinar Kudus bergembira.



demikian sekelumit kisah operasi penyelamatan sandera Sinar Kudus. ini hanyalah satu serpihan, dan karenanya dibutuhkan banyak serpihan lainnya untuk menjadikannya satu gambar penuh.

Meski demikian, tak ada salahnya kita berikan apresiasi tertinggi bagi TNI.

BRAVO ZULU!! WELL DONE BOYS!!

Satu Dekade Sukhoi

Buat Rekan-rekan yang belum sempat memesan buku "Satu Dekade Sukhoi Indonesia" dengan ini kami mengumumkan bahwa pemesanan telah ditutup karena buku telah habis terjual. Bagi yang berminat buku ini masih bisa didapatkan di toko buku Periplus.

Who's Online

We have 46 guests and no members online