KRI Dewaruci Raih “The Best Ships In Crew Parade”

ARMATIM (12/5),- Kapal latih TNI Angkatan Laut KRI Dewaruci dari jajaran Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) dengan Komandan kapal Letkol Laut (P) Suharto yang sedang melaksanakan pelayaran muhibah keliling Eropa telah berhasil mendapat penghargaan bergengsi “The Best Ships In Crew Parade” di Yunani, Senin (10/5).



Penghargaan tersebut didapat setelah kapal duta bangsa ini mengikuti kirab kota Volos Yunani dalam rangka The Historical Seas Tall Ships Regatta 2010 yang diikuti sebanyak 22 kapal jenis Tall Ships (kapal tiang tinggi) dari 16 negara peserta. Selain penghargaan di atas, KRI Dewaruci yang diawaki 88 orang ABK tersebut juga menyabet penghargaan “The Vurthest Distance” yaitu merupakan peserta terjauh.

KRI Dewaruci dengan 88 ABK-nya akan mengarungi samudera selama 9 bulan PP dengan menempuh jarak 24.676 mil laut (45.650 km) dan akan menyinggahi 25 negara di Eropa. Dalam pelayarannya keliling Eropa tersebut rute yang dilewati: Surabaya-Jakarta-Sabang-Cochin (India)-Salalah (Oman)-Jeddah (Arab Saudi)-Portsaid (Mesir)-Volos (Yunani)-Varna (Bulgaria)-Istambul (Turki)-Lavrion (Yunani)-Tunisia-Algiers (Aljazair)-Malaga (Spanyol)-Cherbourg (Perancis)-Antwerp (Belgia)-Aalborg (Denmark)-Kristiansand (Norwegia)-Hartlepool (Inggris)-Brest (Perancis)-Amsterdam (Belanda)-Brernerhaven (Jerman)-Cadiz (Spanyol)-Cagliari (Italia)-Alexandria (Mesir)-Jeddah (Arab Saudi)-Aden (Yaman)-Mumbay (India)-Colombo (Sri Langka)-Belawan-Jakarta- dan kembali ke Koarmatim, Surabaya.

Selama melaksanakan pelayaran muhibah ke Eropa, beberapa kegiatan kejuaraan lomba layar bergengsi tingkat internasional yang pernah berkali-kali diraih juga diikuti sekaligus dipertahankan KRI Dewaruci diantaranya, pada tanggal 12 Mei – 4 Juni mengikuti The Historical Seas Tall Ships Regatta 2010 dengan rute: Yunani-Bulgaria-Istambul (Turki) dan akhirnya KRI Dewaruci telah membuktikan mendapatkan penghargaan bergengsi pada event tersebut. Pada tanggal 13 Juli-7 Agustus 2010 mengikuti The Tall Ships Race 2010 dengan rute: Antwerp (Belgia)-Aalborg (Denmark)-Kristiansand (Norwegia)-Hartlepool (Inggris). Pada tanggal 20-23 Agustus mengikuti festival Sail Amsterdam di Belanda. Pada tanggal 25 – 29 Agustus 2010 mengikuti Sail Brernerhaven 2010 di Jerman. Kemudian pada tanggal 8 – 13 September 2010 mengikuti Festival International Mediferraneo And Velieri di Cagliari (Italia).

 

Satu Dekade Sukhoi

Buat Rekan-rekan yang belum sempat memesan buku "Satu Dekade Sukhoi Indonesia" dengan ini kami mengumumkan bahwa pemesanan telah ditutup karena buku telah habis terjual. Bagi yang berminat buku ini masih bisa didapatkan di toko buku Periplus.

Who's Online

We have 122 guests and no members online