Tips Memilih Kontes SEO

Seiring dengan banyak diselenggarakannya kontes-kontes SEO di Indonesia, berikut ini beberapa tips dalam memilih kontes SEO mana yang sebaiknya kita ikuti:

  1. Cek penyelenggara kontes SEO
    Pihak penyelenggara adalah parameter utama dalam menentukan keikutsertaan kita dalam sebuah kontes SEO. Yang perlu diperhatikan di sini adalah reputasi dari si penyelenggara beserta info kontaknya. Bukan apa-apa, namanya saja dunia maya, siapa saja bisa tiba-tiba menghilang tanpa tahu rimbanya  Jangan sampai kita mengikuti kontes dengan hadiah yang lumayan besar, tapi begitu kontes berakhir penyelenggaranya kabur atau hadiahnya tidak kunjung diserahkan. Males banget, kan?
  2. Cek aturan kontes SEO
    Tidak semua penyelenggara kontes SEO memahami dengan benar konsep dari SEO itu sendiri. Terkadang ada aturan-aturan kontes yang justru bisa merugikan situs kita sendiri apabila kita mengikuti kontes tersebut. Dengan demikian, perhatikan dengan baik poin demi poin peraturan yang mereka berikan. Analisa juga tujuan sebenarnya dari kontes tersebut — apakah sebagai ajang pembelajaran, promosi produk, atau iseng-iseng belaka. Ada kalanya aturan yang diberikan hanya bertujuan untuk menguntungkan si penyelenggara kontes. Sebagai contoh, pemberian backlink yang berlebihan bagi situs milik penyelenggara.
  3. Cek durasi kontes SEO
    Umumnya, kontes SEO diselenggarakan dengan durasi 3-4 bulan karena itu adalah waktu yang cukup untuk melihat efek SEO yang optimal pada suatu situs. Jika durasinya lebih dari itu, pastikan bahwa hadiahnya sebanding dan aturannya tidak merugikan kita. Bisa jadi ada penyelenggara kontes yang sengaja mensyaratkan durasi waktu yang panjang agar kita akhirnya lupa terhadap kontes tersebut.
  4. Cek kata kunci yang dilombakan
    Biasanya, kata kunci yang dilombakan adalah kata kunci yang unik dan memiliki sedikit persaingan di mesin pencari. Jumlah kompetitor sejumlah 1 – 2 juta di hasil pencarian mesin pencari merupakan batas atas yang wajar dalam mengikuti sebuah kontes SEO. Apabila lebih dari itu, secara logis proses SEO-nya sudah (relatif) cukup sulit untuk dilakukan sehingga keikutsertaan situs kita ke dalam kontes tersebut juga sudah tidak efektif lagi (baca: buang-buang waktu).

Leave a Comment