Tips Menyelenggarakan Kontes SEO

Tidak hanya sebagai peserta kontes saja yang gampang-gampang susah, menjadi penyelenggara kontes SEO pun tidak mudah. Percuma saja kita menyelenggarakan kontes namun jumlah yang ikut tidak sesuai dengan harapan. Apalagi jika hadiahnya cukup lumayan. Bisa-bisa efek promosi dan pemasaran yang diharapkan kandas begitu saja.

Setidaknya ada dua hal utama yang perlu diperhatikan dalam ‘merancang’ dan ‘mempersiapkan’ sebuah kontes SEO.

Yang pertama adalah tujuan Anda menyelenggarakan kontes.

Dan yang kedua adalah target peserta kontes yang Anda harapkan.

Mari kita bedah satu persatu.

Dari sisi tujuan, biasanya kontes SEO diselenggarakan untuk (a) mempromosikan sebuah situs web atau produk (buzz marketing); (b) meningkatkan posisi sebuah situs web di mesin pencari (viral SEO); atau (c) keperluan pribadi. Pada dasarnya, pilihan Anda di sini akan menentukan aturan utama dari kontes yang Anda buat.

Jika pilihan Anda adalah (a):

Minta peserta kontes untuk membuat artikel yang mereview situs atau produk Anda. Fair review atau positive review terserah Anda.
Minta peserta kontes untuk membuat tautan ke halaman utama dari situs web atau produk yang direview. Sebaiknya anchor text tidak perlu ditentukan karena SEO bukan tujuan Anda di sini. Lagipula dengan kebebasan membuat anchor text sendiri akan membuat peserta kontes menjadi lebih ‘bersemangat’ dalam membuat artikel.
(optional) Minta peserta kontes untuk memasang banner situs atau produk Anda selama kontes berlangsung.
Jika pilihan Anda adalah (b):

Minta peserta kontes untuk membuat artikel dengan topik tertentu yang berhubungan dengan tema situs Anda.
Minta peserta kontes untuk membuat tautan ke salah satu halaman situs Anda yang berhubungan dengan topik tersebut. Tentukan anchor text yang sesuai.
(optional) Gunakan sistem multiple judge (misal: Google, Bing, dan Yahoo! sekaligus) agar efek SEO-nya lebih baik.
Jika pilihan Anda adalah (c), maka silahkan tentukan aturan Anda sendiri 🙂

Sekarang mari kita lihat dari sisi target peserta, yaitu (i) menengah ke bawah; atau (ii) menengah ke atas. Ini ditinjau dari sisi skill yah, bukan dari sisi keuangan, hehehe. Nah, pilihan Anda di sini biasanya akan menentukan hadiah dari kontes yang Anda selenggarakan. Tidak perlu panjang lebar, jika Anda ingin agar pesertanya adalah golongan menengah ke atas, maka sebaiknya berikan hadiah dalam bentuk uang (setidaknya Rp 500.000,- untuk juara 1) atau barang yang nilainya sesuai. Tentu saja, semakin besar jumlah hadiah yang Anda tawarkan, (kemungkinan besar) akan semakin banyak orang yang mengikuti kontes tersebut. Dan secara tidak langsung, hasil dari tujuan yang Anda harapkan agar semakin terasa.

Sebaliknya, jika target Anda adalah golongan menengah ke bawah, maka Anda bisa lebih bebas dalam menentukan hadiah. Biasanya hadiah nama domain, hosting, atau pulsa saja sudah cukup bagi mereka. Tapi jangan lupa, efek ‘negatifnya’ adalah peserta kontes tidak akan sebanyak yang Anda harapkan. Jika tidak percaya, coba saja baca komentar-komentar yang ada di blog ini mengenai kontes-kontes dengan hadiah minimalis 🙂

Selain berdasarkan target peserta, perlu diingat juga untuk menyesuaikan besaran hadiah dengan aturan yang Anda berikan. Jangan menetapkan aturan yang ketat tapi hadiah yang diberikan tidak sebanding. Hal-hal yang bersifat optional di atas misalnya, apabila Anda putuskan untuk diterapkan, sebaiknya menambah jumlah hadiah.

Sebagai contoh, nilai Rp 5.000.000,- sebagai juara pertama mungkin sudah cukup untuk kontes dengan Google.Co.Id sebagai jurinya. Namun jika menggunakan tiga mesin pencari sekaligus sebagai juri, akan terasa tidak sesuai dengan usaha yang musti dikerjakan oleh peserta kontes.

Oh ya, selain hal-hal di atas, ada beberapa aturan yang sebaiknya Anda patuhi:

JANGAN menyelenggarakan kontes dengan durasi lebih dari tiga bulan karena akan membuat peserta kontes jenuh. Jika memang terpaksa, pertimbangkan untuk memperbesar nilai hadiah sebagai ‘suntikan motivasi’ bagi mereka.
JANGAN PERNAH meminta peserta kontes untuk mengkopikan atau menulis ulang artikel yang mereka buat di situs Anda. Yang pertama, ini akan mempengaruhi nilai SEO artikel yang mereka lombakan, dan yang kedua, ini menunjukkan bahwa Anda, sebagai penyelenggara, sama sekali tidak paham tentang SEO.
Berikan ketentuan deadline yang jelas mengenai durasi lomba, khususnya waktu berakhirnya lomba, baik dari sisi tanggal dan jam, beserta zona waktu. Pada pelaksanaannya, JANGAN sampai menunda atau mengulur waktu deadline karena ini akan mengurangi kredibilitas Anda sebagai penyelenggara.
Berikan ketentuan deadline yang jelas mengenai pengumuman pemenang SERTA penyerahan hadiah.
Aturan-aturan di atas memang tidak bersifat mutlak karena masih ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi. Tapi setidaknya bisa memberikan gambaran kepada siapa saja yang berniat untuk menyelenggarakan kontes SEO.

Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Comment